Terus Bertambah, Warga Sumbar Positif Covid 19 Menjadi 252 Orangg, Total Sembuh 41 Orang

435
Covid 19
Jasman Rizal

ARRUSNews – Daftar Warga Sumbar terinfeksi covid-19 terus bertambah. Hingga Kamis (7/5) pukul 15.00 Wib,  terjadi penambahan sebanyak 14 orang lagi, total warga Sumbar positif Covid 19 telah 252 orang. Sembuh bertambah 3 orang, sehingga total sembuh 41 orang dan meninggal dunia 16 orang.

Kepala Biro Humas Setda Prov Sumbar, selaku Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Sumbar, Jasman Rizal menyebutkan, pertambahan sebanyak 14 orang  tersebut berdasarkan hasil swab test laboratorium fakultas kedokteran Unand yang dipimpin  DR. dr. Andani Eka Putra, M.Sc.

“ Sebanyak 14 orang positif baru itu berasal dari Kota Padang 3 orang, Payakumbuh  2 orang, Kabupaten Padang Pariaman 2 orang, Tanah Datar 1 orang, Bukittinggi 2 orang dan Kabupaten Agam sebanyak 4 orang,” papar Jasman Rizal dalam keterangan tertulisnya, Kamis (7/5).

Dirincikan, positif Kota Padang adalah 1). Pria (31 th), warga Bungo Pasang, CS rumah sakit, isolasi dirumah, 2). Wanita (47 th), warga Kurao Pagang, pedagang dan terinfeksi dengan pedagang Pasar Raya dan dirawat di RSUD Rasyidin Kota Padang, 3). Wanita (52 th), warga Balai Gadang, pengelola Panti Asuhan, terinfeksi dengan orang yang sebelumnya telah terkonfirmasi positif dan sekarang di rawat di RSUD Achmad Mochtar Bukittinggi.

Dari Kota Payakumbuh adalah 1). Pria (26 th), warga Koto Tuo, pekerjaan sopir yang terinfeksi dari pasien pertama positif covid-19 di Payakumbuah dan sekarang isolasi mandiri di rumahnya, 2). Wanita (68 th), warga Balai Panjang, ibu rumah tangga, terinfeksi karena kontak dg pasien sebelumnya positif dan isolasi mandiri di rumah.

Kemudian Kabupaten Tanah Datar, seorang Wanita (30 th), warga Panyalaian, PNS yang terinfeksi dari warga Panyalaian sebelumnya telah dinyatakan positis dan sekarang isolasi mandiri di rumah.

Dari Kabupaten Padang Pariaman, 1). Wanita (60 th), warga Korong Duku, Ibu Rumah Tangga, terinfeksi krn kontak dengan yang telah terinfeksi sebelumnya dan dirawat di RS Semen Padang Hospital (SPH), 2). Wanita 68 th, warga Korong Duku, Ibu Rumah Tangga, terinfeksi karena kontak dengan yang telah terinfeksi sebelumnya dan dirawat di RS Semen Padang Hospital (SPH)

Pasien dari Kota Bukittinggi 1). Wanita 39 th, warga Mandiangin, CS Rumah Sakit, isolasi mandiri di rumah, 2). Wanita 46 th, warga Tilatang Kamang, petugas Laboratorium, isolasi mandiri di rumah.

Terbayak dari Kabupaten Agama da 4 orang mereka adalah 1). Wanita 40 th, warga Biaro, Tata Usaha di Puskesmas Baso, isolasi mandiri di rumah, 2). Wanita 44 th, warga Ampek Angkek, tenaga kesehatan Puskesmas Baso, isolasi mandiri di rumah, 3). Wanita 29 tahun, warga Jirek, tenaga kesehatan di Puskesmas Baso dan isolasi di rumah, 4). Wanita 45 th, warga Panorama, tenaga kesehatan di Puskesmas Baso dan isolasi mandiri di rumah

Sementara itu, ada  pasien yang sembuh sebanyak 3  orang, mereka 1). Pria (57 th), warga nagari Koto Laweh Kabupaten Dharmasraya, wiraswasta, terpapar saat ada acara di Gowa Makasar. Sekarang sudah sembuh dan pulang kerumahnya 2). Wanita (54 th), warga Jati Kota Padang, wiraswasta, terinfeksi dari anaknya yang pulang dari Jogjakarta. Sekarang sudah pulang ke rumahnya dan 3). Wanita (45 th), warga Toboh Tangah Padang Sintuak Kabupaten Padang Pariaman, ibu rumah tangga. Terinfeksi dari pasien sebelumnya positif. Sekarang sudah sembuh dan pulang.

Dengan demikian total yang telah dinyatakan positif terinfeksi covid-19 di Provinsi Sumatera Barat sampai  Kamis 7 Mei 2020 adalah 252 orang, dengan rincian 110 orang dirawat diberbagai Rumah Sakit, isolasi mandiri di rumah 54 orang, Bapelkes 13 orang dan di BPSDM 18 orang, meninggal dunia 16 orang dan sembuh 41 orang.

Jasman Rizal sekaligus menyampaikan perkembangan Covid-19 di Sumbar yang datanya berasal dari berbagai rumah sakit dan gugus tugas kabupaten kota se Sumatera Barat.

Total Orang Dalam Pemantauan (ODP) sebanyak 8.657 orang, Proses pemantauan 246 orang, dengan rincian karantina Pemda 147 orang dan 99 orang isolasi mandiri. Selesai pemantauan 8.411 orang, Pasien Dalam Pengawasan (PDP) sebanyak 521 orang.

“ Dari 521 PDP tersebut, 63 orang masih dirawat di berbagai rumah sakit rujukan sambil menunggu hasil lab. Dinyatakan negatif, pulang dan sehat sebanyak 457 orang dan isolasi mandiri di rumah 1 orang,” jelas Jasman.

Reporter: Rudi Cader

Editor    : Melatisan

Facebook Comments

loading...