Tidak Ada Lagi Penundaan, PON XX Papua Dilaksanakan Oktober 2021

PON
Logo PON XX Papua (Istimewa)

ARRUSNews – Pelaksanaan PON (Pekan Olahraga Nasional) XX yang telah mengalami penundaan dari tahun 2020 lalu karena situasi pandemi, akan dilaksanakan di Papua pada Oktober 2021 nanti.

 

Rencana pelaksanaan PON XX itu disampaikan Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali selepas mengikuti Rapat Terbatas tentang Persiapan Penyelenggaraan PON XX dan Peparnas XVI di Papua yang dipimpin oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi),  di Istana Merdeka, Senin (15 Maret 21).

Dalam rapat terbatas persiapan penyelenggaraan PON XX dan Peparnas XVI  diputuskan penyelenggaraan PON XX direncanakan pada tanggal 2 sampai 15 Oktober 2021 mendatang di Papua. Karena itu, aspek keamanan dan keselamatan atlet serta perangkat penyelenggara menjadi perhatian serius bagi pemerintah.

“Pak Gubernur Papua Lukas Enembe menyampaikan bahwa prinsipnya semua sudah siap, maka pelaksanaan PON XX itu pada tanggal 2 sampai 15 Oktober 2021,” ujar Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali yang memberikan keterangan pers di Kantor Presiden selepas rapat terbatas.

Zainudin mengatakan, Presiden Jokowi memerintahkan agar semua aspek yang terlibat acara tersebut harus divaksinasi terlebih dahulu.

“Arahan Bapak Presiden seluruh kontingen akan divaksin baik atlet, pelatih, official, tenaga pendukung, bahkan juga Bapak Presiden mengarahkan masyarakat di sekitar. Sekitar-sekitar venue itu harus divaksin untuk memastikan bahwa pada saat bulan Oktober nanti mereka sudah tervaksin semuanya,” ujar Zainuddin dikutip dari rri.co.id

Zainudin meyakini, pada saat PON nanti semua elemen yang terlibat sudah tervaksinasi, seperti yang diperintahkan Presiden.

“Dan kalau dilihat dari perjalanan pelaksanaan kegiatan vaksinasi, saya kira saya juga optimis bahwa nanti pada saatnya itu sudah tervaksin semuanya,” tambah Zainuddin.

Menpora menegaskan, tidak ada lagi penundaan pelaksanaan PON mengingat ini sudah tertunda setahun lamanya, yang seharusnya dilaksanakan pada tahun 2020.

“Tidak ada penundaan PON, karena ini sudah sempet kita tunda pada tahun 2020,” jelas Zainudin.

Mekanisme pelaksanaan PON nanti pun masih harus melihat situasi dan kondisi perkembangan penyebarluasan pandemi COVID-19 di tanah air, termasuk pelaksanaan dengan ataupun tanpa penonton.

“Kita akan lihat perkembangan nanti apakah ini akan dilaksanakan tanpa penonton atau penonton terbatas atau dalam kapasitas normal,” terang Zainudin.

Sebelumnya,  PON XX direncanakan dilaksanakan pada tahun 2020.  namun kemudian ditunda karena adanya pandemi Covid-19. Selain PON, event olahraga nasional lain juga ditunda karena pandemi Covid.

Sumber: rri.co.id

Facebook Comments