Tiga Pasien Sembuh. Total Positif Covid 19 di Sumbar Menjadi 97 Orang

378
Covid19
Jasman Rizal, Kepala Biro Humas Setda Prov Sumbar selaku Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Sumbar (Foto: Istimewa)

ARRUSNews – Sebanyak 3 orang pasien positif terinfeksi covid 19 di Sumatera Barat (Sumbar) dinyatakan sembuh. Namun, masih ada penambahan  satu kasus terkonfirmasi positif dan satu orang lainnya meninggal dunia, Sabtu (25/4).

Berdasarkan hasil test swab dari laboratorium fakultas kedokteran Unand Padang,  tambahan  positif terinfeksi covid 19 merupakan pasien dari RS Semen Padang Hospital, laki-laki (29 tahun), asal Pagambiran Kota Padang. Pasien terpapar karena kontak dengan adik ipar yang sebelumnya juga telah dinyatakan positif terinfeksi covid-19.

Jasman Rizal, Kepala Biro Humas Setda Prov Sumbar, selaku Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Sumbar menjelaskan, pasien yang dinyatakan sembuh 3  orang, semuanya pasien dari RS Achmad Mochtar Bukittinggi

Mereka adalah Wanita (46 tahun), Ibu Rumah Tangga, Kabun Pulasan Bukittinggi. Sebelumnya terpapar dari suaminya yang pulang dari Malaysia. Kemudian laki-laki (56 tahun), berdagang, alamat di Kabun Pulasan Bukittinggi. Terinfeksi di Malaysia karena ada acara di Malaysia, selanjutnya laki-laki (39 tahun), wiraswasta, alamat di Gulai Bancah Bukittinggi. Juga terinfeksi di Malaysia.

“ Seorang pasien  RS Universitas Andalas positif terinfeksi covid-19 meninggal dunia, berasal dari Lubuak Bagaluang Kota Padang, laki-laki, umur 58 tahun,” ungkap Jasman.

Dengan demikian, total yang positif terinfeksi covid-19 di Sumatera Barat sampai , Sabtu (25/4) adalah 97 orang. Dari 97 orang tersebut, 20 orang sembuh, 11 orang meninggal dunia, 24 orang dirawat di berbagai rumah sakit dan 26 orang isolasi mandiri di rumah dan 16 orang lagi isolasi di berbagai pusat karantina Provinsi Sumbar.

Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Sumbar juga menginformasikan,  dari 19 kabupaten kota di Sumbar, daerah yang telah terkonfirmasi beberapa warganya positif terinfeksi covid-19 sebanyak 12 kabupaten kota, yaitu:

  1. Kota Padang
  2. Kota Bukittinggi
  3. Kota Pariaman
  4. Kota Payokumbuah
  5. Kabupaten Pesisir Selatan
  6. Kabupaten Dharmasraya
  7. Kabupaten Solok
  8. Kabupaten Pasaman
  9. Kabupaten Pasaman Barat
  10. Kabupaten Kepulauan Mentawai
  11. Kabupaten Padang Pariaman, dan
  12. Kabupaten Tanah Datar

Sementara Kabupaten Agam, Sijunjuang, 50 Kota, Solok Selatan, Kota Padang Panjang, Kota Solok dan Kota Sawahlunto sampai saat ini belum ada warganya terkonfirmasi positif terinfeksi covid-19.

“Kita berdoa semoga Allah SWT berkenan kiranya wabah corona ini segera berakhir,” pinta Jasman Rizal.

Jasman kemudian merincikan perkembangan Covid-19 di Sumbar yang datanya dihimpun dari berbagai rumah sakit dan gugus tugas kabupaten kota se Sumatera Barat, sampai pukul 15.00 Wib, Sabtu (25/4), total Orang Dalam Pemantauan (ODP) sebanyak 7.447 orang. Proses pemantauan 531 orang. Selesai Pemantauan 6.916 orang. Pasien Dalam Pengawasan (PDP) sebanyak 320 orang.

Dari 320 PDP tersebut, ulas dia, sebanyak 61 orang masih dirawat di berbagai rumah sakit rujukan sambil menunggu hasil lab. Dinyatakan negatif terinfeksi covid-19 sebanyak 245 orang dan isolasi diri di rumah 14 orang.

Kemudian, pasien Positif covid-19 yang isolasi mandiri di rumah yang bukan pasien dari salah satu RS Rujukan total 20 orang, isolasi mandiri di rumah 12 orang, di Bapelkes 5 orang dan telah dinyatakan sembuh sebanyak 3 orang.

Reporter: Rudi Cader

Editor    : Melatisan

 

Facebook Comments

loading...