Tiga Pulau di Mentawai Masih Blank Spot, Gubernur Sumbar Beri Perhatian Khusus

Mentawai
Gubernur Sumbar Mahyeldi didampingi Wakil Gubernur Audy Joinaldy foto bersama dengan bupatiKepulauan Mentawai ketika Rakor Perencanaan Pembangunan (Rakorenbang) Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) di Auditorium Gubernuran, Selasa (9 Maret 2021).

ARRUSNews –  Pulau Sipora merupakan satu dari empat pulau di Kabupaten Kepulauan Mentawai yang sudah bisa terhubung dengan layanan internet, meski masih banyak terdapat kawasan blank spot.

Sementara tiga pulau lainnya di Mentawai, Pagai Selatan, Siberut, dan Pagai Utara, masih merupakan kawasan blank-spot dan tertutup dari jaringan telekomunikasi.

Kondisi itu  menjadi  salah satu pembahasan dan perhatian Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), ketika memimpin Rapat Koordinasi Perencanaan Pembangunan (Rakorenbang) Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) di Auditorium Gubernuran, Selasa (9 Maret 2021).

Bupati
Bupati kepulauan Mentawai mengekpose kondisi daerahnya dalam Rakot Perencanaan Pembangunan (Rakorenbang) Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) di Auditorium Gubernuran, Selasa (9 Maret 2021).

Dalam sesi rapat dengan Bupati Kepulauan Mentawai tersebut, Gubernur Sumbar, Mahyeldi menginstruksikan kepada Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Sumbar, Jasman untuk menindaklanjuti persoalan jaringan internet di Mentawai ini.

Sebelumnya, dalam sesi diskusi, Jasman mengutarakan kondisi sarana dan prasarana telekomunikasi untuk Kepulauan Mentawai. Menurut Jasman, jaringan internet di Sipora sebagai satu-satunya pulau yang mendapatkan layanan internet, pun belum optimal.

Kominfo
Kepala Dinas Kominfo Sumbar Jasman menjawab tantangan Gubernur Sumbar tentang kelengkapan sarana telekomunikasi di Mentawai

Meskipun ada rencana pembangunan fiber optic bawah laut oleh salah satu provider, namun belum ada kepastian kapan akan selesai.

“Maka dari itu, sesuai dengan regulasi terbaru pembangunan tower telekomunikasi, sudah langsung dari kabupaten kota ke kementerian terkait, kita dari provinsi siap memfasilitasi,” ujar Jasman.

Sumber: Relis Diskominfo

 

Facebook Comments

Artikel sebelumyaHemat Anggaran, Pemko Payakumbuh Pasang Fiber Optik Secara Swakelola
Artikel berikutnyaTegak Lurus Bersama AHY, DPC Demokrat Payakumbuh Pastikan Tidak Ada Kader Ikuti KLB