Tinjau Posko Covid 19 Perbatasan Sumbar-Jambi, Kapolda Sumbar Pastikan Operasi Aman Nusa II Lancar

427
Kapolda Sumbar Irjen Pol Toni saat mengunjungi posko pengamanan virus Corona perbatasan Sumbar-Jambi
Kapolda Sumbar Irjen Pol Toni saat mengunjungi posko pengamanan virus Corona perbatasan Sumbar-Jambi

ARRUSNews Guna memastikan kesiapan Operasi Aman Nusa II di wilayah Polda Sumbar  tentang penanganan dan pencegahan virus Covid-19, Kapolda Sumbar Irjen Pol Toni Harmanto tinjau Posko posko siaga penanganan virus Corona (Covid-19) diwilayah perbatasan Sumbar-Jambi, tepatnya di Kecamatan Sungai Rumbai, Dharmasraya, Selasa (7/4/20).

Ikut mendampingi Kapolda Sumbar ke Sungai Rumbai, Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan Ketua DPRD Pariyanto. SH, Kapolres Dharmasraya AKBP Aditya Galayudha Ferdiansyah serta Dandim 0310/SSD diwakili Danramil 03 Pulau Punjung Kapt CAJ Tuti Andayani.

Peninjauan Posko perbatasan tersebut dilakukan untuk memantau pergerakan orang masuk ke Sumbar lewat jalur darat melintasi jalan lintas sumatera (Jalinsum) di Kabupaten Dharmasraya.

Kapolda Irjen Pol Toni Harmanto ke lokasi posko pantauan penanganan covid-19, ingin melihat langsung kondisi para petugas terdepan dalam mengawasi pendatang baru masuk ke wilayah Sumbar.

“Sesuai perintah Kapolri, bahwa dalam mewaspadai penularan virus Covid-19, maka ajakan Polri diseluruh daerah, agar senantiasa melaksanakan Operasi Aman Nusa II,” kata Irjen Toni Harmanto.

Kapolda Sumbar Irjen Pol Toni Harmanto bersama Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan foto bersama dengan petugas Posko pemantau covid 19 di perbatasan Sumbar-Jambi
Kapolda Sumbar Irjen Pol Toni Harmanto bersama Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan foto bersama dengan petugas Posko pemantau covid 19 di perbatasan Sumbar-Jambi

Menurutnya, dalam kegiatan tersebut, selain Polri, juga melibatkan TNI, BPBD, Dinas Kesehatan, Satpol PP, hingga team teknis lainnya berada di Kabupaten/Kota. Sedangkan kegiataan akan berlangsung dengan batas waktu  belum dutentukan.

“Maka dari itu, kita jaga kesehatan dan patuhi himbauan pemerintah dalam mengantisipasi pergerakan pandemi virus Corona, terutama mengisolasi diri sendiri, hingga menjaga jarak, agar proses penularan tidak terjadi, sehingga virus cepat melebur dan tidak menjadi sebuah penyakit kedalam tubuh manusia,” pesan Irjen Toni Harmanto.

Sementara itu, Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan, melaporkan bahwa pemerintahan daerah telah berupaya semaksimal mungkin dalam penanganan virus Covid-19 dengan melibatkan setuluh stackholder.

“Terpenting lagi, peran aktif pemerintahan nagari yang menjadi ujung tombak dalam pemetaan warga keluar masuk wilayah,” terang Sutan Riska.

Senada, Ketua DPRD Dharmasraya Pariyanto menjelaskan,  untuk antisipasi, Pemkab melalui Dinas Sosial  Transmigrasi dan Tenaga Kerja, telah memproduksi sendiri alat pelindung diri (APD) lengka dengan masker untuk tenaga medis, petugas dan masyarakat yang membutuhkan.

Reporter : S Hanif.

Facebook Comments

loading...