Tunda MTQ Nasional, Gubernur Sumbar Usulkan Ke Kemenag

425
Irwan Prayitno
Gubernur Irwan Prayitno ketika rapat bersama Wakil Gubernur dan Kepala Kanwil Kemenag Sumbar di Aula Kantor Gubernur. (Foto: Isitmewa)

ARRUSNews – Pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional ke-28 yang diagendakan berlangsung tanggal 22 sampai 29 Agustus 2020 mendatang, diusulkan Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno ditunda pelaksanaanya.

 Pengusulan penundaan lomba baca seni Alqur’an tingkat Nasional itu diampaikan Gubernur Irwan Prayitno kepada Menteri Agama Fachrul Razi di Jakarta, mengingat resiko penyebaran pandemik Covid 19 semakin mencemaskan.

Gubernur Irwan Prayitno menyampaikan usulan tersebut dalam rapat bersama Wakil Gubernur, Kepala Kanwil Kemenag Sumbar, Ketua LPTQ dan Instansi terkait, di Aula Kantor Gubernur, Padang, Sumatera Barat.

“Kita akan mengusulkan ke Menteri Agama untuk menunda pelaksanaan MTQ Nasional ini di bulan November. Untuk tanggal pelaksanaannya kita serahkan ke Menteri Agama,” ungkap Gubernur Irwan Prayitno dilansir dari Indeknews.com, Sabtu (11/04).

Diketahui sebelumnya, Provinsi Sumatera Barat telah mendapat kepercayaan  menjadi tuan rumah pada ajang MTQ Nasional ke-28. Persiapan terhadap agenda keagamaan itu juga telah dilakukan Pemerintah Daerah bekerja sama dengan Kantor Wilayah Kementerian Agama, LPTQ dan lembaga terkait lainnya.

Namun melihat perkembangan pandemic corona virus disease 2019 (Covid-19) yang terjadi di Indonesia, menurut Irwan, keputusan menunda pelaksanaan MTQ Nasional ke-28 perlu dilakukan

Meski demikian, Gubernur berharap persiapan lain yang tidak terganggu oleh wabah covid, tetap dilaksanakan.

“Termasuk pembinaan terhadap qoria qoriah ini, tidak ada masalah,” pesan Gubernur.

Ia juga mengingatkan jajarannya untuk memastikan kesiapan alokasi anggaran pelaksanaan MTQ Nasional ke-28.

“Dana yang sudah dianggarkan untuk penanganan covid diupayakan tidak diambil dari anggaran MTQ, jika harus dipotong tetap disisakan. Jika pelaksanaan disetujui Menag, bulan November bisa ditambah dari anggaran perubahan,” tegas gubernur diikuti Wakil Gubernur Nasrul Abit.

Irwan mengusulkan pembukaan MTQ Nasional dibuat lebih sederhana dibandingkan rencana semula.

“Kita bisa mengurangi kemewahan saat pembukaan, akali bagaimana caranya. Faktanya kita dalam kondisi covid, MTQ diundur dari Agustus, fleksibel saja,” tukas Irwan

Kepala Kanwil Kemenag Sumbar, H. Hendri mendukung usulan yang disampaikan Gubernur. Saat ini menurut Hendri adalah kepatuhan terhadap protokol pencegahan penyebaran virus Covid-19.

Pihaknya memahami usulan yang disampaikan Gubernur Sumbar. Kanwil Kemenag siap melaksanakan koordinasi dengan Menteri Agama.

“ Surat dari Gubernur Sumatera Barat akan kita teruskan ke Kemenag Pusat. Semua keputusan kita serahkan kepada Menteri Agama,” tambah Kakanwil Kemenag Sumbar.

Sumber: Indeksnews.com

Facebook Comments

loading...