Wabup Tanah Datar Apresiasi MTQ ke-43 dan Khatam Qur’an TPA Fajar Taqwa

MTQ
Wakil Bupati Tanah Datar Richi Aprian buka MTQ  ke-43 dan Khatam Qur’an TPA Fajar Taqwa, Masjid Nurul Ihsan Jorong Pagu-Pagu Nagari Pandai Sikek Kecamatan X Koto, Minggu (4 April 2021).

ARRUSNews – Wakil Bupati Tanah Datar Richi Aprian mengapresiasi pelaksanaan MTQ  ke-43 dan Khatam Qur’an TPA Fajar Taqwa, Masjid Nurul Ihsan Jorong Pagu-Pagu Nagari Pandai Sikek Kecamatan X Koto, Minggu (4 April 2021).

Kegiatan MTQ dan Khatam Qur’an TPA Fajar Taqwa yang  rutin dilaksanakan, tahun ini sekaligus dilakukan untuk  Menyambut bulan suci Ramadhan 1442 H.

“Tahun ini menjadi tahun ke-43 bagi pelaksanaan MTQ dan Khatam Qur’an. Semoga tiap tahun ada peningkatan, baik dari sisi peserta maupun kualitas. Jangan hanya jadi kegiatan rutin, hendaknya meningkat juga di sisi pendalaman dan keahlian ilmu Alquran,” harap Wabup Richi Aprian.

Wabup juga berpesan masjid dan surau menjadi pusat peradaban umat, tidak hanya sebagai tempat shalat dan mengaji. Dijelaskannya, di masa Rasulullah SAW, masjid juga tempat bermusyawarah, tempat menyusun strategi perang dan membahas masalah keumatan lainnya.

khatam
Suasana pembukaan MTQ dan Khatam Qur’an TPA Fajar Taqwa, Masjid Nurul Ihsan Jorong Pagu-Pagu Nagari Pandai Sikek Kecamatan X Koto, Minggu (4 April 2021).

“Sudah saatnya fungsi ini dihidupkan kembali, terutama untuk pembinaan generasi muda Tanah Datar. Generasi muda bisa bersosialisasi, mengembangkan diri dan potensi di masjid,” harapnya lagi.

Kepada peserta khatam, Wabup berharap tidak berpuas diri.

“Khatam bukan berarti tamat membaca Alquran, melainkan tahap awal untuk masuk ke tahap berikutnya dengan pendalaman ilmu,” ujarnya.

Ketua Panitia Pelaksana Rahmad Nasir mengatakan kegiatan ini setiap tahunnya dilaksanakan untuk menyambut bulan suci Ramadhan.

“Tujuan kita, dengan datang Ramadhan semangat membaca dan mempelajari Alquran semakin meningkat,” sampainya.

Disebutkan,  peserta MTQ berasal dari Padang Panjang Batipuh X Koto, Agam dan Bukittinggi dengan 3 cabang perlombaan yakni tilawah anak-anak dan remaja, Syarhil Qur’an dan Khutbah Jum’at.

Kegiatan dilaksanakan selama 2 hari, hari sebelumnya 25 orang santri TPA Fajar Taqwa mengikuti khatam Qur’an.

Turut hadir Ketua Komisi II DPRD Dedi Irawan, Camat X Koto Khairunnas Y, Walinagari Pandai Sikek dan undangan lainnya.

Reporter: Dv

Facebook Comments

Artikel sebelumyaAngin Kencang Landa Tanah Datar, Bupati Eka Putra Tinjau Rumah Warga Terdampak
Artikel berikutnyaWabup Tanah Datar Richi Aprian Tinjau Warga Terdampak Angin Kencang di Nagari Pandai Sikek