Wako Riza Falepi Letakkan Batu Pertama Pembangunan Kampus IV UMSB di Payakumbuh

89
UMSB
Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi letakkan batu pertama pembangunan Kampus IV Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat (UMSB)

ARRUSNews – Kemajuan dunia pendidikan terus menjadi perhatian  Pemerintah Kota Payakumbuh. Hal itu ditandai  dengan peletakkan batu pertama pembangunan Kampus IV Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat (UMSB) di Kelurahan Bulakan Balai Kandi oleh Walikota setempat Riza Falepi, Senin (08/06).

Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi  bahkan sangat mengapresiasi  langkah yang diambil UMSB untuk mendirikan kampus di Payakumbuh.

Ke depan diharapkan di kampus ini akan menarik minat banyak warga Payakumbuh untuk melanjutkan pendidikannya disini,” kata  Riza Falepi.

Dengan banyaknya warga Payakumbuh yang berkuliah di Universitas yang ada di Kota Payakumbuh, menurut Wako Riza Falepi akan mempermudah pemerintah untuk menyediakan beasiswa bagi warga Payakumbuh yang kurang mampu.

“Harapan kita nantinya tidak ada lagi warga Payakumbuh yang tidak mengiyam pendidikan tinggi, karena  pendidikan itu prioritas utama dan kita juga menginginkan pihak universitas menyediakan satu kelas beasiswa yang akan dibatu oleh pemerintah,” ucap Wali Kota dua periode tersebut.

Tidak hanya itu, dengan berkembangnya universitas-universitas di Payakumbuh, menurut Riza,  tentunya dapat membuat kerja sama antara Pemkot dengan universitas berjalan lebih baik.

“Contohnya dalam hal  riset,  kita dari Pemkot bisa bekerja sama, karena riset ini juga penting untuk kota Payakumbuh,” ujar Riza.

Terhadap itu,  Rektor UMSB Riki Saputra mengucapkan terimakasih kepada Pemko Payakumbuh atas bantuan dana Hibah sebesar 1,5milyar rupiah yang telah diberikan, karena nantinya bisa mengembangkan pendidikan di kampus IV UMSB Payakumbuh.

“Kami berencana akan menambah dua fakultas lagi di sini, yakni fakultas pascasarjana pertanian dan fakultas kedokteran. Ini target kami dalam tujuh tahun ke depan,” ujarnya.

Jangka pendek, kata Riki Saputra, pihak UMSB akan membangun rumah sakit sebagai syarat untuk mendirikan fakultas kedokteran.

“Kampus pertanian yang dari hibah ini akan selesai nanti di September 2020. Nanti di 2021 akan di dirikan rumah sakit dan baru dilanjutkan dengan fakultas kedokteran,” pungkasnya.

Reporter: Diko Rahmat

Facebook Comments

loading...