Walikota Pariaman Canangkan Bulan Bhakti Dasawisma, Genius Umar: Mari Kita Manfaatkan Lahan Kosong

Walikota
Walikota Pariaman Genius Umar menyerahkan peralatan kerja menyusul Pencanangan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) ke-18 dan Bulan Bhakti Dasawisma ke-5 Tahun 2021, Jumat (12 Maret 2021) di Lapangan Youth Centre (GOR Rawang).

ARRUSNews – Walikota Pariaman Genius Umar mencanangkan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) ke-18 dan Bulan Bhakti Dasawisma ke-5 Tahun 2021, Jumat (12 Maret 2021)  di Lapangan Youth Centre (GOR Rawang).

 

Mengiringi pencanangan ini, Walikota Pariaman Genius Umar mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih atas kehadiran semua elemen, karena ini merupakan kesempatan bagus untuk menyatukan tekad guna memutus rantai covid-19 dengan cara memanfaatkan lahan atau perkarangan kosong dirumah masing – masing.

“ Dalam masa pandemi  Covid 19, sangat bagus kalau diaktifkan menanam apotik hidup atau bibit – bibit lain yang bisa dimanfaatkan bersama, “ ungkap Genius Umar dalam rilis Diskominfo Kota Pariaman.

Pencanangan Bulan Bhakti Dasawisma ke-5 dan BBGRM ke-18 Tahun 2021 Tingkat Kota Pariaman, yang mengusung tema “kita perkuat semangat gotong royong dan mengaktifkan penetapan protokol kesehatan serta memanfaatkan perkarangan dengan hatinya PKK di Dasawisma”,  turut dihadiri oleh Ketua PKK Kota Pariaman Ny.Lucy Genius, Ketua GOW Kota Pariaman Ny.Indriati Mardison, Ketua DPRD Kota Pariaman Fitri Nora, Forkopimda Kota Pariaman, Kepala OPD dilingkungan Pemko Pariaman, Pengurus LKAAM, Bundo Kanduang dan DPD LPM Kota Pariaman dan undangan lainnya.

Pencanangan
Pencanangan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) ke-18 dan Bulan Bhakti Dasawisma ke-5 Tahun 2021, Jumat (12 Maret 2021), ditandai dengan pemukulan gong oleh Walikota Pariaman Genius Umar

Menandai Pencanangan Bulan Bhakti Dasawisma ke-5 dan BBGRM ke-18 Tahun 2021,  Walikota Pariaman Genius Umar melakukan pemukulan Gong untuk kemudian dilanjutkan dengan gotong rotong  membersihkan lapangan Youth Centre (GOR Rawang) serta menyerahakan piagam kepada Dasawisma berprestasi di Kota Pariaman.

Dikatakan,  nilai – nilai kegotongroyongan yang tumbuh dan berkembang dalam masyarakat sebagai bagian dari sistem nilai budaya bangsa, perlu terus dilestarikan secara berdayaguna dan berhasil guna.

“Untuk  memperkuat integrasi sosial di tengah masyarakat, budaya gotoroyong perlu terus dikmebangkan guna meningkatkan masyarakat dalam pembangunan,” papar Genius.

Suasana
Suasana pencanangan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) ke-18 dan Bulan Bhakti Dasawisma ke-5 Tahun 2021, Jumat (12 Maret 2021) di Lapangan Youth Centre (GOR Rawang).

Dikatakan, peran Tim Penggerak PKK dengan Kelompok Dasa Wisma dalam kaitan ini,  telah melakukan banyak hal yang hasilnya telah dirasakan oleh masyarakat. Berbagai upaya telah dilakukan dalam rangka peningkatan ketahanan keluarga dan ketahanan pangan, peningkatan pendapatan keluarga, peningkatan pendidikan keluarga, peningkatan kualitas lingkungan serta peningkatan kualitas kesehatan dan KB.

“Peran yang dilakukan oleh Kader PKK pada keluarga-keluarga sasaran di Desa/Kelurahan tersebut,  harus tetap  dipertahankan bahkan ditingkatkan namun tetap mematuhi protokol kesehatan, “ terangnya.

Menurut Genius, penyelenggaraan Bulan Bhakti Dasawisma dan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) merupakan implementasi terhadap upaya pemeliharaan dan pengembangan semangat kegotongroyongan masyarakat dalam pembangunan Desa/Kelurahan, sebagaimana diamanatkan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 42 Tahun 2005 tentang Pedoman Penyelenggaraan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat.

“ Kegiatan ini merupakan cerminan masyarakat kita dan sebagai upaya menanamkan kembali warisan luhur nenek moyang kita yang hampir punah, maka melalui Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat inilah dapat menumbuhkan dan memelihara semangat kegotongroyongan masyarakat ini,” tuturnya.

Genius
Walikota Genius Umar beri penghormatan pada upacara pencanangan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) ke-18 dan Bulan Bhakti Dasawisma ke-5 Tahun 2021, Jumat (12 Maret 2021) di GOR Rawang.

Ia menambahkan, tugas dan tanggung jawab Kader PKK dengan Kelompok Dasawisma ke depan akan semakin berat, mengingat semakin kompleksnya permasalahan sosial kemasyarakatan di kawasan perkotaan, seperti masalah LGBT, penyalahgunaan Narkoba dan Miras.

“ Masalah kekerasan dalam rumah tangga dan anak, kasus-kasus perceraian serta peningkatan taraf perekonomian keluarga di kawasan pedesaan.Tetap bersemangat, bila terkendala, Pemko Pariaman akan selalu siap membantu,” tegasnya.

 

Reporter: Aznul Hakim**

 

Facebook Comments