Wawako Solok Ikuti Verifikasi Penganugerahan Penghargaan Parahita Ekapraya Secara Virtual

verifikasi
Wakil Wali Kota Solok Ramadhani Kirana Putra ikuti verifikasi lapangan secara virtual dengan Kementerian PPPA guna penganugerahan Penghargaan Parahita Ekapraya (APE) Tahun 2020, Selasa (30 Maret 2021).

ARRUSNews – Wakil Wali Kota Solok Ramadhani Kirana Putra ikuti verifikasi lapangan secara virtual melalui Zoom Meeting dengan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) guna penganugerahan Penghargaan Parahita Ekapraya (APE) Tahun 2020, Selasa (30 Maret 2021).

 

Turut menghadiri verifikasi lapangan secara virtual dari ruang rapat Wali Kota Solok  ini, anggota DPRD Kota Solok Rusdi Saleh, Kepala OPD terkait yang tergabung dalam Driver, Pokja dan Focal Point PUG, Universitas UMMY Kota Solok, Ketua KAN serta Bundo Kanduang Kota Solok yang terhubung dengan Tim Verifikator Anugerah Parahita Ekapraya (APE) dari Kementerian PPPA Yusuf Supiandi.

Dalam verifikasi itu, Wawako Ramadhani Kirana Putra mengatakan, pada tahun 2018, Kota Solok telah mendapatkan APE dengan predikat Pratama.

Ini menjadikan motivasi bagi Pemerintah Daerah untuk lebih meningkatkan lagi Pelaksanaan Pengarusutamaan Gender (PUG) di Kota Solok dengan memastikan seluruh kebijakan program dan kegiatan pembangunan di Kota Solok telah setara dan adil bagi laki-laki dan perempuan, anak, penyandang disabilitas, lansia dan kelompok rentan lainnya secara berkelanjutan.

Dikatakan Ramadhani, Kota Solok memiliki semangat yang besar dalam mewujudkan pembangunan berwawasan gender. Hal ini terlihat dari komitmen Kepala Daerah dengan dikeluarkannya Peraturan Wali Kota Solok Nomor 17 tahun 2017 tentang pedoman pelaksanaan Pengarustamaan Gender dalam pembangunan di Kota Solok.

“ Strategi Pengarustamaan Gender, kata dia, berdampak luas terhadap manfaat pembangunan yang tepat guna dan tepat sasaran, karena berdasarkan analisa data terpilah mengunakan metode Gender Analisis Pathway (GAP) dan Gender Badget Statement (GBS), Penguatan Focal Point OPD dengan Pendampingan Penyusunan Perencanaan Penganggaran yang Responsif Gender (PPRG), sehingga dipastikan jumlah anggaran ini setiap tahun akan mengalami peningkatan.” ungkap Wawako.

Reporter: Aznul Hakim

Facebook Comments